HarianBisnis.id-Porsche telah mempertahankan angka pengiriman yang kuat di paruh pertama tahun 2022, meskipun ada sejumlah tantangan. Secara keseluruhan, pabrikan mobil sport mengirimkan 145.860 kendaraan ke pelanggan di seluruh dunia antara Januari dan Juni, turun 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. “Kami dan dealer kami telah berhasil menavigasi setengah tahun pertama yang dibentuk oleh faktor eksternal dan ketidakpastian,” kata Detlev von Platen, Anggota Dewan Penjualan dan Pemasaran di Porsche AG. “Selain kesulitan yang ditimbulkan oleh kebangkitan pandemi COVID di China dan pasar lainnya, tantangan terkait rantai pasokan dan logistik yang sedang berlangsung telah menemani kami. Pada saat yang sama, keinginan merek kami dan popularitas produk kami tetap kuat. Kami berharap paruh kedua tahun ini menjadi dinamis. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami optimis tentang masa depan dan bertekad untuk terus melangkah maju dengan bulan-bulan yang tersisa di tahun ini.”
Pertumbuhan di Jerman dan Eropa
Situasi pasar di seluruh dunia pada semester pertama bervariasi dan angka pengiriman untuk berbagai wilayah dan pasar bersifat heterogen. Di Eropa, jumlah pengiriman kendaraan naik menjadi 43.087. Ini adalah peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 7 persen dari periode yang kuat. Hal yang sama berlaku untuk pasar dalam negeri Jerman. 13.785 pengiriman dalam enam bulan pertama tahun 2022 menunjukkan peningkatan 5 persen dari tahun ke tahun. Di Cina, Porsche mampu mengirimkan 40.681 kendaraan ke pelanggan meskipun terjadi lockdown selama berbulan-bulan di beberapa kota. Penurunan pengiriman selama setengah tahun pertama sebesar penurunan 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Mengingat penurunan keseluruhan di segmen premium/mewah di China (turun 23 persen dari Januari hingga Mei), pabrikan mobil sport itu mencatat hasil yang mengesankan di pasar tunggal terbesarnya.
Secara keseluruhan, 62.245 kendaraan dikirimkan ke pelanggan Porsche di kawasan Asia-Pasifik, Afrika, dan Timur Tengah. Wilayah Porsche Asia Pasifik 1 mencatat peningkatan pengiriman yang stabil sebesar 10 persen di semester pertama.
Di Amerika Serikat, Porsche mengirimkan 32.529 kendaraan ke pelanggan meskipun dihadapkan dengan kesulitan pengiriman dan transit. Angka ini datang dengan latar belakang setengah tahun terkuat yang pernah ada di periode yang sama tahun lalu.
Cayenne tetap menjadi Porsche yang paling popular
Permintaan tetap sangat tinggi untuk model SUV. Sebanyak 41.947 pelanggan menerima pengiriman Cayenne. Di tempat kedua diisi oleh Macan, dengan 38.039 pengiriman. Ikon mobil sport, 911, dikirimkan ke 21.616 pelanggan di seluruh dunia. Taycan dikirimkan kepada 18.877 pelanggan – meskipun ada keterbatasan produksi karena kemacetan rantai pasokan, yang secara khusus berdampak pada Porsche all-electric. Panamera dikirim sebanyak 15.604 kali, sementara 9.777 unit model 718 Boxster dan 718 Cayman telah dikirimkan ke pelanggan.
“Kami menuju kuartal ketiga dengan penuh energi dan optimisme dan, selain pengiriman, kami terus fokus pada pengalaman merek yang unik bagi pelanggan kami,” tambah von Platen.