Beranda » Deretan Brand Rayakan Hiburan dan Kebahagiaan bersama Komunitas TikTok Sepanjang 2021

Deretan Brand Rayakan Hiburan dan Kebahagiaan bersama Komunitas TikTok Sepanjang 2021

by Amelia

MediaSorotan.com- Sepanjang tahun 2021, TikTok telah menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan bagi komunitas melalui ragam tren dan budaya menarik yang hadir di TikTok. Lebih dari satu miliar pengguna telah bergabung, termasuk deretan brand untuk saling berbagi kebahagiaan melalui video singkat di TikTok. Sejumlah brand juga berhasil menunjukkan sisi otentik, menjangkau audiens secara luas, menciptakan tren terkini bersama komunitas TikTok, dan menciptakan hasil bisnis nyata melalui kekuatan platform TikTok.

Menurut laporan Nielsen bersama TikTok pada Juni 2021, pengguna di Asia Tenggara mengatakan mereka 1,34x lebih memilih TikTok karena kontennya, 1,27x karena kreatornya, dan 1,28x untuk sifat otentiknya[1]. Data ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan menghadirkan kebahagiaan, di mana TikTok telah menjadi platform yang digunakan banyak orang untuk menikmati hiburan sepanjang hari.

“Berbagai brand di TikTok membawa kebahagiaan dan mendorong kita untuk menjadi kreatif. Mereka mengingatkan kita tentang pentingnya menjadi otentik saat terhubung dengan komunitas, dan bisa berinteraksi dengan audiens yang lebih luas. Tahun 2021 menjadi tahun di mana TikTok menjadi sebuah launchpad bagi produk dan brand yang disukai oleh komunitas,” ungkap Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.

Tahun 2021 menjadi tahun yang menarik, di mana kreativitas brand dalam mengomunikasikan produk disambut dengan antusias oleh komunitas TikTok. Konektivitas ini juga terlihat dari tagar #RacuninTikTok yang telah meraih lebih dari 6 miliar views. Hal ini menunjukkan bahwa konten TikTok merupakan cara baru brand ditemukan oleh komunitas lewat konten rekomendasi belanja. Simak kumpulan momen dan campaign terbaik dari deretan brand di Indonesia dari TikTok sepanjang tahun 2021 berikut ini:

Community commerce yang memicu sebuah gerakan
Tren membagikan video product review atau rekomendasi barang dari komunitas TikTok memberi segudang manfaat bagi para pengguna. Bahkan, tidak jarang review dari kreator bisa ikut mendorong masyarakat untuk memborong produk dari kedai, etalase, hingga toko. Tidak hanya disukai oleh pengguna dan dimanfaatkan oleh brand di TikTok, tren ini memotivasi pengguna untuk berinteraksi dengan brand dan berbelanja lebih lagi pada tahun ini.

#TokopediaXErigo – Tokopedia dan Erigo
Kolaborasi Tokopedia dan brand lokal Erigo di TikTok menampilkan filter di mana pengguna bisa mencoba jaket keren buatan dalam negeri dari Erigo untuk melengkapi outfit mereka. Hashtag #TokopediaxErigo ini berhasil mendapatkan lebih dari 5.2 miliar views.Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

Produk yang terinspirasi dari komunitas TikTok
Komunitas TikTok yang selalu engaged dengan inspirasi dan kreativitas tanpa batas ikut mendorong brand untuk menghadirkan strategi yang “always engaged” di TikTok. Strategi ini membantu brand untuk selalu menjadi bagian penting dari komunitas TikTok, termasuk dengan mengikuti tren yang hadir secara organik di dalam komunitas.

GoodDayGoodJam – Good Day Avocado Delight

Saat meluncurkan varian Avocado Delight, Good Day mengangkat tren popcorn duet untuk mengajak pengguna TikTok lebih ‘engage’ dengan strategi pemasaran produk terbarunya. Dengan hashtag #GoodDayGoodJam, pengguna bisa berduet dengan penyanyi Afgansyah Reza. Tagar ini berhasil mendapatkan lebih dari 7 miliar views. Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

Ekspresikan kreativitas bersama komunitas
Di TikTok, siapa saja dapat menjadi bagian dari kampanye brand. Dilengkapi dengan rangkaian tools dan solusi di TikTok seperti Duet dan Branded Effects, brand menjadi lebih mudah menginspirasi komunitas untuk berkreasi bersama mereka. Lewat kebersamaan tersebut, tahun ini para brand ini berhasil membuat komunitas merasa lapar dan ingin memesan makanan, mencari outer unik untuk melengkapi outfit mereka, dan tentunya menjadi lebih kreatif.

#BetteronSero – Samsung Indonesia
Siapa bilang layar rotate cuma untuk handphone? Samsung Indonesia hadirkan The Sero, televisi yang bisa di-rotate menjadi vertikal untuk bisa menyaksikan konten-konten yang ada di handphone. Hashtag ini berhasil mendapatkan lebih dari 13,6 miliar views. Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

Berinteraksi dengan komunitas lewat obrolan seru
TikTok memberikan ruang untuk obrolan yang penuh tawa, hangat, tetapi juga paling relevan di jagat maya, tentunya bersama brand yang terlibat di dalamnya. Kali ini, brand tidak hanya terlibat dalam percakapan, namun justru memulai percakapan baru yang menciptakan kegembiraan dan tawa bagi komunitas TikTok.

TebakRasaOreo – Oreo Indonesia

Diputar, dijilat, dicelup. Ajakan khas Oreo ini dibawa ke komunitas TikTok dan mereka diajak untuk menebak rasa baru Oreo ini dengan cara yang menyenangkan. Campaign yang menitikberatkan pada engagement dengan pengguna ini berhasil mendapatkan lebih dari 7.1 miliar views. Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

Mewujudkan mimpi menjadi nyata
Brand menghadirkan lebih dari sekadar produk inspiratif ke platform TikTok. Dengan membagikan tren, cita-cita, dan tujuan dari brand, TikTok menyadari bahwa brand telah memanfaatkan platform ini sebagai media untuk menggalang simpati lewat hubungan yang alami dan otentik dengan pelanggan. Dari kampanye tentang self-love hingga cara untuk wujudkan mimpi jadi nyata, brand berhasil menginspirasi komunitas TikTok dengan menghadirkan diskusi positif di platform.

YangPentingLakuin – @blubybcadigital

Semua bermula dari mimpi, ya rumah impian, ya liburan, apa aja deh! BCA Digital mengajak komunitas TikTok untuk memulai langkah bersama lewat blu. Hashtag ini berhasil mendapatkan lebih dari 7 miliar views. Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

Meluncurkan produk dengan mengundang partisipasi komunitas
Konten buatan pengguna atau user generated content berhasil mengumpulkan pengguna dengan minat yang sama menjadi suatu komunitas. Lewat hashtag challenge, branded effect, serta musik yang ditawarkan di TikTok, brand dapat melakukan kampanye dan meluncurkan produk secara kreatif dengan mengajak komunitas untuk yang menjadi bagian dari tren yang ada dan dirayakan bersama-sama.

CucokCucuCimory – Cimory

Meski ga bisa ketemu langsung, tapi Cimory bisa ajak penggunanya seru bareng lewat pengalaman bikin susu yang cucok di TikTok. Berhasil menjangkau hampir 9 miliar pengguna, kampanye Cimory di TikTok ini dinobatkan sebagai Silver Winner untuk kategori “Best Brand Experience in Rich Mobile Media” oleh MMA Smarties Awards 2021, salah satu penghargaan bergengsi di bidang pemasaran. Berikut ini cuplikan bagaimana pengguna turut ambil bagian dan mengekspresikan kreativitasnya bersama brand.

“Berkat dukungan luar biasa dari komunitas TikTok, para brand tidak hanya berhasil menorehkan pencapaian luar biasa pada tahun ini, namun juga semakin berani untuk menunjukkan sisi kreatif mereka lewat konten di platform kami. Kami bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan brand untuk membantu mereka menjangkau lebih banyak audiens, menemukan tren baru, hingga membuka potensi bisnis yang lebih luas dengan memanfaatkan kekuatan platform kami,” tutup Sitaresti.

You may also like

Leave a Comment