HarianBisnis.id-Traveloka, platform perjalanan dan gaya hidup di Asia
Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran program promosi andalan terbarunya, yaitu
Traveloka Staycation Week 2022. Program yang menawarkan diskon hingga 70% untuk
berbagai produk akomodasi, transportasi, hingga atraksi wisata ini merupakan wujud
komitmen Traveloka untuk mewujudkan rencana liburan para pengguna. Saat ini minat
masyarakat untuk melakukan perjalanan dan liburan semakin menguat, hal ini tercermin
dalam survei internal Traveloka pada September 2022 yang menyebutkan bahwa 70%
pengguna telah merencanakan liburannya dalam waktu dekat. Sebanyak 75% pengguna
telah merencanakan perjalanan liburan domestik dengan kota tujuan terfavorit seperti
Bandung, Yogyakarta dan Bali.
Didorong oleh pandemi, staycation menjadi salah satu tren wisata yang digemari dan
menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna. Staycation kini memiliki arti lebih luas, dari
sekedar liburan di dalam kota menjadi short getaway (liburan singkat). Google Year in
Search Indonesia 20211 melaporkan hasil penelusuran staycation di Google meningkat
hingga 85%. Ini juga terefleksi dengan data internal Traveloka bahwa staycation yang
dilakukan oleh konsumen Traveloka pada Agustus 2022 di dalam kota naik dua kali lipat
dibandingkan dengan 2021. Kriteria staycation yang digemari oleh konsumen Traveloka
yaitu menginap di akomodasi yang memiliki pemandangan indah, dekat dengan pusat
perbelanjaan dan atraksi wisata, memiliki kolam renang dan fasilitas kamar yang memadai.
Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka, mengatakan, “Sejak awal tahun,
masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas secara normal dan minat berwisata
masyarakat terus bergeliat. Khususnya dalam enam bulan terakhir, kami juga mencatat
pertumbuhan tren berlibur staycation yang kini terus meningkat popularitasnya, seiring
dengan peningkatan jumlah konsumen yang melakukan perjalanan dan berlibur. Sebagai
perusahaan teknologi yang terus berinovasi, kehadiran Traveloka Staycation Week 2022
merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan keuntungan lebih dan memenuhi
aspirasi berlibur konsumen menjelang libur akhir tahun.”
“Terlebih dari itu, sejalan dengan program pemulihan sektor pariwisata, Traveloka
Staycation Week juga diadakan sebagai bentuk dukungan berkelanjutan Traveloka bagi
inisiatif pemerintah dengan berupaya untuk terus mempromosikan berbagai destinasi wisata untuk mendorong percepatan pemulihan sektor pariwisata ke tingkat sebelum
pandemi sekaligus membantu menstimulasi peningkatan bisnis para mitra.”
Gavin Gunawan, CEO & Rev Director of Verse Hotel, menyambut baik program ini dan
mengatakan, “Peningkatan tren staycation dan liburan masyarakat dalam beberapa bulan
terakhir menumbuhkan harapan sekaligus optimisme pelaku industri pariwisata seperti
kami. Kami mengapresiasi Traveloka yang telah menginisiasi Traveloka Staycation Week,
yang menjadi sarana bagi kami memperluas jangkauan pasar, memudahkan kami dalam
menghadirkan inovasi, memberikan kemudahan, serta menawarkan berbagai benefit bagi
pelanggan yang ingin merencanakan liburan dan perjalanan mereka.”
Berlangsung selama dua pekan, Traveloka Staycation Week 2022 terbagi dalam dua
periode, yakni periode pemesanan dan periode menginap. Periode pemesanan akan
berlangsung pada tanggal 21–28 Oktober 2022 dengan diskon hingga 70% untuk berbagai
produk. Sementara periode staycation akan berlangsung pada 29 Oktober–3 November
- Meskipun demikian, konsumen tetap dapat melakukan pemesanan pada periode
staycation untuk kebutuhan libur akhir tahun dengan promosi yang tidak kalah menarik.
Melalui Traveloka Staycation Week 2022, Traveloka bersama para mitra menawarkan diskon
hingga 70% untuk pemesanan produk perjalanan seperti layanan Hotel dan Holiday Stays,
tiket pesawat, airport transfer, bus & travel, hingga Traveloka Xperience untuk produk
atraksi wisata, tur, spa dan kecantikan serta masih banyak produk Traveloka lainnya. Pada
periode pemesanan di tanggal 21–28 Oktober 2022, pengguna Traveloka dapat menikmati
diskon hingga 70% sepanjang hari. Selain itu, untuk semakin mempermudah konsumen
mendapatkan produk yang diincar dengan harga yang bersahabat, Traveloka juga
mengadakan Traveloka Grand Bazaar dan Group Buy setiap pukul 12:00 hingga 23:59 WIB,
TSW Hour yang berlangsung pada siang dan malam hari di mana konsumen mendapatkan
diskon di kota-kota destinasi favorit seperti Medan, Surabaya, Bali, Jakarta, Solo,
Yogyakarta, Semarang, Thailand, Malaysia dan Singapura.
Bekerja sama dengan lebih dari 6.900 pelaku industri pariwisata di tanah air, Traveloka juga
siap menembus rekor MURI dengan jumlah orang terbanyak yang membunyikan bel hotel
pada waktu bersamaan sebagai tanda dimulainya promosi Traveloka Staycation Week pada
21 Oktober 2022 nanti.
“Sebagai platform perjalanan dan gaya hidup, Traveloka berkomitmen untuk mendorong
pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi nasional melalui berbagai upaya
menggandeng para mitra di setiap inisiatif termasuk Traveloka Staycation Week, sehingga
semua pihak dapat berperan aktif dalam berkontribusi mendorong kebangkitan sektor
pariwisata pasca pandemi secara berkelanjutan,” tutup Shirley.