HarianBisnis.id-Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang telah berlangsung selama sebelas hari sejak 11-21 Agustus 2022 menjadi momentum manis bagi Chery. Sebagai brand yang baru kembali lagi memasuki pasar otomotif Indonesia, Chery sebagai brand premium global asal China, mendapat respon yang sangat baik dari para pengunjung. Selama sebelas hari, tercatat lebih kurang 29664 orang menghadiri booth sebesar 481 m2 yang diisi dengan enam unit kendaraan unggulan Chery, yaitu seri TIGGO yang terdiri dari TIGGO 8 PRO dan TIGGO 7 PRO, unit elektrifikasi EQ1, dan SUV Crossover OMODA 5. Walaupun Chery belum meluncurkan produknya, tapi kesempatan pre-booking yang dibuka untuk seri TIGGO mendapat respon positif dengan mencatatkan SPK sebanyak 844 unit.
“Kami sangat senang dengan antusiasme pengunjung GIIAS 2022 terhadap produk-produk Chery, terutama seri TIGGO yang memang akan segera kami luncurkan di Indonesia tahun ini. Jumlah 844 unit SPK untuk TIGGO 8 PRO dan TIGGO 7 PRO selama sebelas hari kemarin menjadi bukti bahwa konsumen otomotif Indonesia memiliki pertimbangan yang sangat baik dalam memilih SUV yang dapat memenuhi keseluruhan gaya hidupnya, baik fungsi, teknologi, fashion secara individu maupun keluarga. Dengan seri TIGGO, Chery berusaha untuk membawa kelas SUV Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Tao Yong, President Director PT Chery Sales Indonesia.
Penawaran pre-booking selama GIIAS 2022 juga menjadi kesempatan bagi Chery untuk memperkenalkan program “Advanced Warranty”, yaitu garansi kualitas enam tahun atau 150.000 km dan garansi mesin sepuluh tahun atau 1.000.000 km. Dengan program tersebut, Chery menjadi perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang memperkenalkan garansi 10 tahun kepada konsumennya. Program ini lahir dari keyakinan Chery terhadap kualitas mesin yang dikembangkan secara detil dan melalui tahap riset yang cukup panjang oleh Chery.
Selain untuk memperkenalkan seri TIGGO, ajang GIIAS 2022 juga dimanfaatkan oleh PT Chery Sales Indonesia sebagai distributor tunggal brand Chery di Indonesia, untuk menjaring lebih banyak masukan dari konsumen Indonesia. Riset pasar merupakan sebuah prinsip bagi Chery dalam mengembangkan inovasi-inovasinya dan hal ini dapat dilihat dari adanya tujuh pusat riset dan pengembangan yang ada di beberapa negara, yaitu China, Jerman, Amerika Serikat, dan Brasil. Sebagai salah satu bentuk implementasi investasinya di Indonesia, Chery juga berkomitmen untuk mendirikan pusat riset dan pengembangan di Indonesia, khususnya untuk produk-produk setir kanan yang akan diproduksi di Indonesia dan diekspor ke beberapa negara.
Dalam berbagai interaksi dengan pengunjung booth Chery pada GIIAS 2022, tim sales juga mendapatkan pertanyaan mengenai kesiapan purnajual Chery yang tentu akan menjadi salah satu faktor penting dalam skema distribusi dan layanan Chery di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini Chery tengah membangun jaringan dealer-nya di 20 titik di beberapa kota besar di Indonesia yang akan siap menjelang peluncuran seri TIGGO, dan selanjutnya akan memastikan kesiapan 30 dealer sampai akhir tahun 2022. Bersama dengan sembilan grup dealer yang saat ini sudah menyepakati kemitraan dengan Chery, jaringan delaer Chery akan terus diperluas hingga mencakup pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Keseluruhan jaringan dealer Chery akan siap untuk melayani penjualan (Sales), perawatan berkala (Service), dan suku cadang (Spare Part).