HarianBisnis.id-Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara meluncurkan sejumlah produk baru, fitur pendukung, dan serangkaian program promosi dalam rangka menyambut momen tahun ajaran baru 2022/2023. Produk Baru Guna menjawab beragam kebutuhan belajar anak di berbagai jenjang usia, Ruangguru meluncurkan:
Ruangguru for Kids, ekosistem belajar terpadu untuk mengembangkan potensi dan kemampuan akademik dan nonakademik anak sejak dini. Dalam platform ini, tersedia
berbagai pilihan moda dan bidang belajar bagi anak usia 3-12 tahun, mulai dari bahasa; koding; baca, tulis dan hitung; hingga sekolah online.
Paket Belajar Dafa Lulu, platform pembelajaran interaktif dan beranimasi untuk siswa SD kelas 1-6, menggabungkan materi belajar dengan storytelling dan gamifikasi. Platform ini kini
juga dilengkapi dengan fitur Zona Berlatih, zona khusus untuk belajar melalui berbagai permainan edukasi menarik. Selain itu, diluncurkan juga Dafa Lulu Live, di mana siswa
dapat belajar bersama guru secara live dan interaktif dengan menggunakan konten Dafa Lulu. Paket ini tersedia di aplikasi dan web dafalulu.ruangguru.com.
Adapto X, fitur baru dalam video belajar Ruangguru yang menggunakan simulasi dan permainan interaktif. Fitur ini menekankan aspek penerapan secara praktik untuk membantu
siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Adapto X merupakan pengembangan dari fitur adaptive learning Adapto yang sudah diluncurkan tahun lalu yang
telah berhasil meningkatkan waktu belajar siswa hingga 86%.
UTBK Center, platform persiapan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) paling komprehensif bagi pelajar SMA. Seluruh aspek yang diperlukan untuk persiapan UTBK,
mulai dari countdown jadwal UTBK, persebaran materi dan strategi belajar, latihan soal, analisis peluang lolos UTBK, hingga info universitas dan program studi, semuanya
terintegrasi dalam UTBK Center.
Ruangguru Akuisisi Bimbingan Studi ke Luar Negeri, Schoters
Guna menjawab kebutuhan pelajar tanah air yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, Ruangguru mengakuisisi Schoters, salah satu perusahaan bimbingan studi ke luar negeri terbesar di Indonesia.
Schoters menawarkan konsultasi dan bimbingan pendaftaran kuliah, kelas bahasa asing, persiapan dokumen, hingga bantuan mencari akomodasi. Sejak beroperasi pada tahun 2018,
Schoters telah berhasil membantu kelulusan ribuan pelajar Indonesia ke lebih dari 400 universitas di 43 negara, termasuk berbagai perguruan tinggi dunia ternama, seperti Cornell University, University College London, Nanyang Technological University, hingga Harvard University. Schoters juga telah
membantu pelajar mendapatkan ratusan beasiswa dan mencapai angka pertumbuhan pengguna
lebih dari 500% pada tahun 2020-2021. Dengan bergabungnya Schoters ke Ruangguru, akan segera diluncurkan berbagai inovasi terdepan yang harapannya akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi persiapan pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi terbaik
dunia.
Siap Sambut Tahun Ajaran Baru 2022/2023. Menyambut Tahun Ajaran Baru 2022/2023, Ruangguru telah menyiapkan berbagai program menarik, di antaranya: Pentas Kolaborasi (Pensi) Ruangguru dan Ruangguru Back To School yang
akan ditayangkan di berbagai stasiun televisi nasional; dan Study Tour Ruangguru bersama yang akan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia bersama sejumlah selebritas muda tanah air.
Tak ketinggalan, Ruangguru juga menunjuk SonFai Family sebagai Brand Ambassador Ruangguru.
SonFai Family yang dikepalai oleh Ayah Sonny Septian dan Bunda Fairuz A. Rafiq selama ini telah memercayakan kebutuhan belajar kedua anaknya (King Faaz Arafiq dan Queen Eijas Slofa) kepada Ruangguru. Selain itu, kedekatan dan kekreatifan SonFai Family diharapkan dapat menginspirasi
serta merangkul keluarga Indonesia untuk mengeksplorasi berbagai cara belajar bersama Ruangguru.
Selain berbagai inovasi di atas, Ruangguru juga memperbarui berbagai konten belajar agar semakin mudah dipahami, termasuk dengan menggaet content creator Aulion sebagai Creative Content Director. Aulion dikenal lewat berbagai karya kreatifnya, termasuk video Rewind Indonesia
2021 yang telah ditonton lebih dari 12 juta kali. Tak ketinggalan, Ruangguru juga melakukan ekspansi Brain Academy, bimbel kombinasi offline & online dengan fasilitas terlengkap. Pada tahun ajaran baru, jumlah cabang Brain Academy bertambah menjadi 70 cabang di seluruh Indonesia.
“Di tahun ajaran baru ini, Ruangguru tidak hanya merilis berbagai inovasi dan ekspansi, tapi juga memasuki vertikal baru di dunia pendidikan. Semua ini dilakukan dalam upaya menciptakan ekosistem belajar yang dapat memenuhi kebutuhan siswa di berbagai jenjang dan bidang, baik
pendidikan formal maupun nonformal. Kami berharap dengan adanya berbagai upaya ini, para pelajar akan semakin semangat dan siap menghadapi tahun ajaran baru.“ tutur Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.