Beranda » Strategi MMKSI dalam Menghadapi Tantangan Pasar 2022 Jakarta

Strategi MMKSI dalam Menghadapi Tantangan Pasar 2022 Jakarta

by Luds

MediaSorotan.com– Tahun 2021 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi
namun juga penuh dengan berbagai kesempatan baru bagi PT Mitsubishi Motors
Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Sepanjang tahun lalu, MMKSI berhasil
membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang
maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Pencapaian penjualan di 2021
meningkat hingga 90,6% dibandingkan dengan tahun 2020 dan hal tersebut
memotivasi MMKSI untuk terus memberikan kontribusi positifnya di pasar
otomotif.
Keberhasilan dalam menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia juga menjadi bukti
nyata komitmen MMKSI untuk para konsumen. Komitmen untuk memberikan yang
terbaik dari yang paling baik untuk masyarakat meskipun dalam keterbatasan yang
ada.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan
penjualan mobil baru di 2022 sebanyak 900.000 unit. Target tersebut memberikan
dorongan bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi dan memacu untuk
meramaikan kompetisi pasar otomotif baik dalam sisi produk, layanan penjualan,
dan purna jual terbaik kepada konsumen.
“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah
mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan
yang ada di tahun 2021. Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian
penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan
pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi
memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap
Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI.
PERFORMA MMKSI 2021
Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun 2021, kendaraan penumpang
dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan
sebanyak 104.407 unit (Jan 2021 – Dec 2021) yang terdiri dari penjualan model
kendaraan penumpang sebanyak 68.152 unit dan kendaraan niaga ringan
sebanyak 36.225 unit. Adapun rincian penjualan retail model kendaraan Mitsubishi
Motors di Indonesia tahun 2021 adalah sebagai berikut:
KATEGORI
MODEL
CY2021 (JAN – DEC 2021)
UNIT
PANGSA PASAR
SEGMEN
Kendaraan
Penumpang (PC)
Xpander
28.424
31%
Small MPV
Xpander Cross
22.383
Pajero Sport
17,137
40%
Medium SUV
(2.500cc)
Eclipse Cross
183
6%
5-Seats
Compact SUV
Outlander PHEV
20
1%
xEV
Total PC
6
Kendaraan Niaga
Ringan (LCV)
Triton
9.009
57.6%
Small Pick-Up
4×4
L300
27.110
65%
Small Pick-Up
4×2
Total LCV
36.255
21.7%
Total PC + LCV
104.407
Dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada
tahun 2021 pertumbuhan penjualan suku cadang naik sebesar 29% dibandingkan
dengan tahun 2020. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus
memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.
KALEIDOSKOP MMKSI 2021
Sepanjang tahun 2021, MMKSI telah banyak memberikan inovasi untuk produk
serta layanannya. Dari sisi produk, MMKSI telah menghadirkan New Pajero Sport,
Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black
Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross. Tidak hanya itu, sebagai
bentuk kontribusi MMKSI dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di
Indonesia, MMKSI juga menghadirkan Minicab MiEV pada ajang GIIAS 2021, sebuah
kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.
Dari sisi pelayanan, MMKSI tetap secara aktif memperluas fasilitas diler serta bodi
dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, MMKSI juga menghadirkan
MIRA, Mitsubishi Virtual Assistant serta beragam inovasi pada fitur-fitur My
Mitsubishi Motors ID (MMID) yang memberikan warna baru dalam dunia digital dan
mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya untuk mendapatkan layanan
terbaik MMKSI.
Dan sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial, MMKSI terus aktif
melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikemas dalam 3
(tiga) jenis kegiatan yaitu Mitsubishi CSR Children Program (MCP), Mitsubishi CSR
Education Program (MEP), dan Mitsubishi CSR Humanity Program (MHP). Pada
MCP, MMKSI memberikan bantuan berupa set alat pembelajaran jarak jauh,
perlengkapan sekolah dan juga kebutuhan pokok untuk panti asuhan di Jabotabek
dan dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun. Untuk MEP, MMKSI telah memberikan 5
(lima) unit kendaraan praktikum kepada 5 (lima) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
di Indonesia. Sedangkan untuk MHP, MMKSI terus aktif dalam memberikan
bantuannya untuk dunia kemanusiaan seperti mendonasikan 3 (tiga) unit
Outlander PHEV kepada 3 (tiga) instansi berbeda untuk pendistribusian vaksin
Covid-19, donasi alat antigen atas nama Mitsubishi Krama Yudha Automotive
Group, donasi untuk penanggulangan covid-19 kepada Wisma Atlet, serta yang
terakhir adalah memberikan bantuan untuk para korban erupsi gunung Semeru.
Seluruh kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah nyata MMKSI dalam
mengejar ambisinya sebagai brand yang reliable dan dapat dipercaya oleh
konsumen, serta memiliki kontribusi sosial kepada masyarakat Indonesia.
STRATEGI MMKSI 2022
MMKSI terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya, dan terus
memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para konsumen Mitsubishi Motors
baik dari sisi penjualan maupun purnajual. Setelah memperkenalkan serta
beberapa perkembangan fitur pada aplikasi MMID tahun lalu, pada tahun 2022 ini
MMKSI akan memonitor, dan melakukan pengembangkan serta perbaikan pada
seluruh inovasi yang telah dihadirkan sebelumnya sehingga konsumen dapat
merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI.
Perluasan akses pun akan terus dilakukan, salah satunya yaitu dengan membuka
official store spare part Mitsubishi Motors di beberapa e-commerce. Di mana hal
tersebut ditujukan agar konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi
tanpa harus merasa khawatir karena spare part yang disediakan sangat terjamin
kualitas serta keasliannya.
Sebagai hal yang paling penting dalam bisnis MMKSI, kepuasan konsumen sangat
diutamakan. Oleh karena itu, di tahun 2022 MMKSI akan lebih fokus untuk
memberikan apresiasi untuk konsumen yang telah memberikan kepercayaannya
kepada MMKSI meskipun dalam situasi yang sulit.
TENTANG DENDO DRIVE HOUSE (DDH)
Dendo Drive House (DDH) merupakan sebuah ekosistem elektrik baru untuk
mengisi daya EV/ PHEV di rumah atau bangunan menggunakan tenaga listrik yang
dihasilkan dari tenaga surya, dan untuk mensuplai listrik dari EV/ PHEV ke rumah/
bangunan. DDH memberikan manfaat terhadap penggunaan Listrik yang ramah
lingkungan dengan biaya yang lebih efisien, dengan ketergantungan yang lebih
sedikit pada suplai sambungan Listrik dari perusahaan listrik.
Fasilitas DDH berlokasi di di Gedung Annex lantai-1 kantor pusat MMKSI, Pulomas,
Jakarta Timur, yang terdiri dari, panel Surya yang ditempatkan di bagian atap
gedung, bi-directional charger, area showcase DDH, berupa co-working area dan
ruang pertemuan, area demonstrasi kemampuan discharging dengan penggunaan
listrik dari tenaga Surya untuk mensuplai tenaga untuk peralatan Listrik, peralatan
kerja dan pencahayaan di area showcase, termasuk penggunaan peralatan rumah
sebagai ilustrasi dengan mesin pembuat kopi, microwave, dan pemanggang roti.
Selain itu sebuah fasilitas pengisian daya kendaraan listrik juga ditempatkan tepat
di depan area showcase DDH untuk memberikan kemudahan melakukan pengisian
daya dan discharging dari fasilitas DDH ke kendaraan listrik dan juga sebalikny

You may also like

Leave a Comment