HarianBisnis.id-Selama sepertiga abad, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan juga bagian dari Astra Financial hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai solusi finansial dalam mewujudkan kebutuhan dan barang impiannya. Tepat pada Minggu, 1 Mei 2022, FIFGROUP genap merayakan hari jadinya yang berusia 33 tahun. Pada momen spesial tersebut, FIFGROUP menghadirkan sejumlah program di dalam rangkaian perayaan yang bertajuk “Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun FIFGROUP” pada Rabu (11/05/2022).
“Tema HUT Kemilau 33 Tahun FIFGROUP merupakan bentuk wujud apresiasi dan ungkapan rasa syukur atas perjalanan FIFGROUP sejak tahun 1989 hingga hari ini, FIFGROUP selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi setiap customer-nya. Melalui semangat inovasi dan kerja keras yang telah dilakukan, FIFGROUP dapat tumbuh serta berkomitmen sesuai visi, misi yaitu menjadi pemimpin industri yang dikagumi dan membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” kata Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya.
Pada perayaan pertambahan usia dengan puncak acara yang diselenggarakan pada Rabu (11/05/2022), Margono mengatakan untuk mewujudkan kesuksesan yang telah dicanangkan, seluruh insan FIFGROUP harus memiliki sikap proaktif, komunikatif dengan mengedepankan semangat kolaborasi yang sejalan dengan tema Rapat Pimpinan (Rapim) FIFGROUP 2022, yaitu Embracing Resilent Collaboration Strive for Sustainability dalam menjawab kebutuhan dan harapan customer di seluruh Indonesia untuk menjadi solusi finansial pilihan masyarakat.
Sebagai ungkapan rasa syukur dengan bertambahnya usia ke-33 tahun ini, FIFGROUP mengadakan berbagai kegiatan yang ditujukan bagi eksternal dan internal. Untuk eksternal, FIFGROUP menyelenggarakan berbagai program kompetisi dengan menargetkan partisipan mulai dari customer, mahasiswa, mitra bisnis, jurnalis, hingga member program Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP. FIFGROUP juga turut merayakan program promo menarik bagi customer dalam perayaan HUT Kemliau 33 Tahun ini.
Dari sisi sosial, FIFGROUP juga menyelenggarakan beragam program keberlanjutan dalam rangka mendukung Sustainability Development Goals (SDGs) dengan mengimplementasikan Environment, Social, and Governance (ESG) bertemakan FIFGROUP Peduli. Pada puncak acaranya, dilakukan ceremonial dari berbagai program tersebut mulai dari ceremonial CSR and Donation, penghargaan bagi para pemenang kompetisi, hingga mengadakan konser yang dilaksanakan secara virtual yang dikemas dengan tajuk FIFGROUP Seru (Sinergy, Emphaty, Responsible, Unique).
Untuk program internal, perusahaan dengan jaringan sebanya 243 cabang ini menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan yang serupa dengan program eksternal seperti kompetisi bertemakan FIFGROUP Olympic, program keberlanjutan bertemakan FIFGROUP peduli, hingga pada puncak acaranya diselenggarkan kegiatan ceremonial dari program-program yang telah diselenggarakan.
Jaket eksklusif bagi customer
FIFGROUP senantiasa untuk terus melakukan inovasi dalam mengoptimalkan layanan untuk masyarakat dengan menghadirkan berbagai macam jasa pembiayaan yang dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan impiannya.
Melalui FIFASTRA, FIFGROUP menghadirkan program khusus dalam rangka merayakan HUT Kemilau 33 Tahun FIFGROUP, yaitu Program Hadiah Jaket Spesial HUT yang akan diberikan pada setiap pengajuan booking pembiayaan sepeda motor Honda oleh seluruh customer FIFGROUP periode 1 Mei sampai dengan 30 Juni 2022. Program Hadiah Jaket Spesial HUT ini menjadi bagian dari apresiasi FIFGROUP kepada lebih dari 3 juta pelanggan aktif.
Pada program spesial tersebut, jaket yang akan diberikan didesain khusus oleh designer berkebutuhan khusus/disabilitas ternama, yaitu Raffi Abdurrahman Ridwan yang tergolong penyandang Tuna Rungu. Designer kelahiran 20 Juli 2022 tersebut menjadi salah satu penerima Anugerah Kebudayaan Kategori Anak dan Remaja pada Tahun 2016 berkat karya-karyanya di dunia tata busana.
Di dalam desainnya, terdapat pola mural Indonesia yang mengandung visi FIFGROUP, yaitu Menjadi Pemimpin Industri yang Dikagumi Secara Nasional dan misi FIFGROUP, yaitu membawa kehidupan yang lebih baik. Selain itu, terdapat logo FIFASTRA dan juga log HUT 33 tahun pada jaket yang menjadi souvenir bagi customer FIFASTRA tersebut.
Kompetisi Eksternal
Untuk memeriahkan perayaan bertambah usianya FIFGROUP, beragam perlombaan dengan total hadiah puluhan juta rupiah turut diselenggarakan untuk meningkatkan daya Tarik masyarakat pada program yang dihadirkan. Sebagai salah satu program kompetisi dalam meningkatkan literasi bagi masyarakat, FIFGROUP menyelenggarakan program Video Youth Competition dengan judul “Menyambut Kemilau 33 tahun FIFGROUP, Yuk! Menjadi Debitur Milenial yang Cerdas” dengan menarget mahasiwa sebagai partisipannya dan total hadiah yang bisa didapatkan sebesar Rp 10 juta.
Selain itu, FIFGROUP juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kreativitasnya melalui program cover jingle baru yang dimiliki oleh FIFGROUP dengan total hadiah sebsar Rp 18 juta. Perusahaan juga menyelenggararkan program sayembara untuk pembuatan logo HUT ke 33 FIFGROUP, di mana logo tersebut menjadi logo official HUT yang akan digunakan dalam setiap rangkaian acara yang diselenggarakan dengan total hadiah yang bisa diraih sebesar Rp 10 juta.
Tidak ketinggalan, kompetisi masa kini di tengah berkembang pesatnya media sosial untuk masyarakat menunjukan kreativitas dalam berfoto dengan tema FIFGROUP. Selain berfoto, saat inin juga berkembang pesat perlombaan electronic sport (e-sport) yang juga turut menjadi bagian program kompetisi yang dihadirkan dengan total hadiah sebesar Rp 39 juta.
Program keberlanjutan bertajuk FIFGROUP Peduli
Masih dalam rangkaian menyemarakkan HUT Kemilau 33 tahun dan sejalan dengan program pemerintah dalam melaksanakan SDGs melalui implementasi ESG. FIFGROUP menghadirkan beragam program sosial yang diharapkan dapat memberikan dampak sosial bagi masyarakat melalui 4 pilar utama, yaitu pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pilar pemberdayaan masyarakat.
Dari pilar Pendidikan, FIFGROUP juga turut mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penyaluran program Beasiswa FIFutureLeader yang ditujukan untuk 33 mahasiwa terpilih. Selain program beasiswa, seluruh mahasiswa tersebut juga mendapatkan kesempatan besar untuk bisa mendapatkan Development Journey khusus selama 1 tahun, seperti mengikut kegiatan workshop, FIFGROUP Youth Innovation, hingga kesempatan magang di FIFGROUP.
Program lainnya yang dihadirkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah program BOD Mangajar. Melalui program ini seluruh direksi FIFGROUP melakukan kunjungan ke beberapa Universitas di Indonesia untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan kuliahnya. Serta menjadi salah satu program untuk penyaluran beasiswa bagi para mahasiswa yang berpartisipasi pada program tersebut.
FIFGROUP juga turut mengadakan kegiatan pelatihan kepada sebanyak 4.400 guru di sejumlah titik di Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak kepada pemerataan kompetensi guru yang ada di Indonesia.
Pada pilar kesehatan, program yang dihadirkan di antaranya adalah program Donor Darah dengan inisiatif melakukan pengumpulan 33.000 kantong darah. Program ini diharapkan dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendapatkan stok darah yang stabil dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak sampai di situ, program kesehatan yang juga diselenggarakan adalah program stunting. Program ini berkolaborasi dengan sejumlah Porsyandu di 13 titik wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kebutuhan gizi dan konsumsi makanan sehat bagi 130 anak yang mengalami stunting.
Untuk pilar lingkungan, sebagai inisiatif dalam menanggapi perubahan iklim yang terjadi saat ini serta untuk melestarikan lingkungan yang lebih asri dan menyegarkan FIFGROUP menyelenggarakan program Tanam 33.000 Pohon di sejumlah wilayah di Indonesia. Program ini harapannya dapat membantu mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab terbesar terjadinya perubahan iklim.
Selanjutnya, pada pilar pemberdayaan masyarakat, FIFGROUP juga kembali melaksanakan Program Dana Bergulir, yaitu penyaluran pinjaman modal usaha tanpa bunga yang ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini, FIFGROUP menargetkan penyaluran kepada 550 pelaku UMKM dengan harapan dapat membantu pengembangan usaha yang dapat membantu pemulihan sektor ekonomi di Indonesia selama pandemic Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.
Perusahaan menyalurkan berbagai bantuan yang ditujukan kepada sejumlah institusi sebagai wujud rasa syukur FIFGROUP dalam merayakan usia ke-33 tahun. Bantuan yang disalurkan di antaranya ditujukan kepada 33 panti asuhan yang berada di 33 provinsi di Indonesia dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 330 juta dan bantuan yang disalurkan kepada 5 rumah ibadah dari 5 agama dengan total penyaluran bantuan sebesar Rp 125 juta
Di samping itu, FIFGROUP juga menghadirkan program Tebar 3.300 Al-Quran yang diberikan di 33 kota Indonesia dan disalurkan kepada sejumlah komunitas, Rumah Tahfidz, Pesantren, Masjid atau Musala, hingga Panti Asuhan. Tidak hanya itu, sebanyak lebih dari 1.700 Al-Kitab juga disalurkan kepada 15 gereja yang tersebar di 11 kota, yaitu Mamuju, Bangko, Palu, Samarinda, Ambon, Sumbawa, Jakarta, Jayapura, Makassar, Medan, dan Manado. FIFGROUP juga melakukan program Tebar Al-Quran.
Virtual exhibition, penghargaan, hingga konser
Pada perayaan puncak acara HUT 33 Tahun FIFGROUP yang diselenggarakan pada Rabu (11/05/2022), FIFGROUP menghadirkan pameran virtual yang merupakan bagian dari inovasi yang dihadirkan dalam meramaikan puncak perayaan HUT FIFGROUP. Melalui virtual exhibition ini, seluruh pengunjung dapat merasakan atmosfir pameran virtual 360 derajat, di mana pengunjung dapat melihat inovasi-inovasi digital FIFGROUP.
Selain itu, berbagai penghargaan juga memeriahkan puncak perayaan yang diberikan kepada sejumlah pemenang perlombaan baik pada perlombaan eksternal maupun internal. Sejumah hadiah hingga medali diberikan untuk memotivasi seluruh partisipan agar lebih giat dalam berkompetisi baik antar individu maupun tim.
FIFGROUP juga mengadakan konser virtual dengan mengundang beberapa artis ternama untuk meramaikan perayaan HUT 33 Tahun FIFGROUP. Tidak hanya konser, hadir pula kegiatan webinar khusus, yaitu Monthly Business Clinic (MOBIC) Spesial HUT FIFGROUP dengan menghadirkan pembicara spesial, yaitu Susi Pudjiastuti.
FIFGROUP Olympic
Salah satu rangkaian acara dalam rangka menyemarakkan HUT 32 ini adalah FIFGROUP Olympic yang merupakan rangkaian perlombaan dan melibatkan seluruh insan FIFGROUP dari Sabang hingga Merauke. Perlombaan tersebut di antarnya ada program Electronic Sport, Video Clip Ucapan HUT 33 Tahun FIFGROUP, Photography, Cover Jingle bagi karyawan, Lomba Atletica 10 KM dan Lari Marathon Beregu, Quiz Online 8 Babak, Menggambar, Perlombaan Aku Bangga Menjadi Keluarga FIFGROUP, Lipsync Lagu, Masterchef FIFGROUP, hingga Aku Kartini FIFGROUP.
Seluruh perlombaan tersebut, ditujukan dalam menjunjung budaya FIFGROUP, yakni nilai Teamwork, Exellence, Achieving, dan Moving Forward (TEAM) akan sportivitas. Selain itu, melalui program ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kompetisi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif.