MediaSorotan.com– Guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan terhadap
layanannya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali
menyelenggarakan Kontes Nasional 2021 untuk para dealer resmi. Agenda ini juga
menjadi salah satu pendekatan MMKSI untuk mempertajam performa Sumber
Daya Manusia (SDM) dan menjadi sarana untuk memberikan apresiasi kepada SDM
dan juga dealer yang telah memberikan layanan dengan kualitas dan performa
terbaik.
“SDM merupakan salah satu aset berharga kami dalam menjalankan bisnis. Sangat
penting untuk kami menjaga kualitas serta performa setiap anggota sehingga
konsumen dapat merasakan secara nyata layanan serta nilai-nilai terbaik
perusahaan kami. Ajang ini pun hadir untuk mendorong seluruh dealer dan
karyawannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen dan
tentunya sebagai bentuk apresiasi untuk mereka yang telah memberikan dedikasi
terbaik baik untuk brand maupun konsumen. Seluruh rangkaian agenda ini, sejalan
dengan ambisi kami untuk terus berkembang dan memberikan performa terbaik
kami di bidang otomotif,” ungkap Naoya Nakamura Presiden Direktur PT MMKSI.
Unsur yang diuji dalam ajang ini masih sama yaitu MMKSI menguji kemampuan
SDM dealer pada unsur layanan sales, after sales, serta customer satisfaction.
Ajang ini memiliki 4 kontes utama yakni Sales Apraisal Program (SAP) yang
ditujukan untuk tenaga penjual dengan 3 level berbeda (Sales Force, Sales
Supervisor, dan Sales Manager), Dealer PDCA Contest ditujukan bagi Customer
Satisfaction Officer (CSO), CS Performance Program untuk dealer dengan layanan
penjualan dan purna jual terbaik, dan After Sale Contest yang ditujukan untuk 3
level berbeda (Senior Technician, Service Advisor, dan Junior Technician).
Dalam menentukan pemenang pada kontes ini, MMKSI melakukan beberapa
tahapan seleksi yang diselenggarakan secara virtual dan tanggal 2 Maret 2022
menjadi puncak dari acara tersebut yang dikemas dalam agenda “Virtual Awarding
Contest 2021”. MMKSI memberikan penghargaan bagi pencapaian yang dicapai
oleh dealer selama kontes berlangsung. Pelaksanaan agenda ini sejalan dengan
tagline “Drive Your Ambition” dimana MMKSI berharap dapat mendorong dealer
resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia untuk terus mendorong ambisinya
dalam menghasilkan SDM yang berkualitas.
A. SALES APPRAISAL PROGRAM
Kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda
tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual di dealer kendaraan
penumpang (PC) di dealer mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan
Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan serta memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubihi
Motors.
Selain itu, terdapat juga kategori Best Seller Competition Light Commercial
Vehicle (BSC LCV) yang merupakan penghargaan kepada tenaga penjual dari
dealer Kendaraan Niaga ringan (LCV) dimana pemenangnya masing -masing
dari 4 region.
Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi
produktivitas penjualan seorang sales force yang didukung oleh pengetahuan
produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk,
serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi
Motors.
Di level Sales Supervisor dan Sales Manager, aspek evaluasi lebih ditekankan
pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target
penjualan (Target Achievement).
B. CS PERFORMANCE PROGRAM
Pada kategori CS Performance program, Penghargaan diberikan kepada tim
dealer dengan performa terbaik dalam aspek layanan penjualan maupun purna
jual.
Peserta CS Performance 2021 dibagi kedalam 4 grade berdasarkan volume
penjualan di tahun 2021. Masing – masing Grade A hingga C untuk dealer
kendaran penumpang (PC) dan Grade D khusus untuk dealer kendaraan Niaga
ringan (LCV). Total peserta CS Performance program 2021 sebanyak 148 dealer
dimana 115 dealer Kendaraan penumpang (PC) dan 33 Dealer Niaga Ringan
(LCV).
Evaluasi CS Performance 2021, dibagi kedalam 3 tahapan berdasarkan penilaian
Telesurvey dan program MMKSI (SSI/CSI), keikutsertaan PDCA Contest, serta
Validasi Genba yang dilakukan secara virtual.
C. DEALER PDCA CONTEST
Dealer PDCA Contest (Customer Satisfaction Officer) yang dilaksanakan tiap
tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di dealer melalui CSO
sebagai agen yang membawa perubahan. Kontes ini mengusung konsep
kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area
yang bersentuhan dengan kepuasan pelanggan berdasarkan situasi aktual yang
ada di dealer, mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan
elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen. Total peserta sebanyak 86 dealer PC dari Grade A-C dan juga 23 dealer LCV mewakili
Grade D
Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki
berdasarkan observasi kondisi di dealer dengan data-data yang tersedia
(termasuk suara pelanggan), membuat & menjalankan rencana perbaikan di
dealer, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.
D. AFTER SALES CONTEST
Pada kontes ini, MMKSI ingin memotivasi tenaga kerja after sales untuk
meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga pelanggan dapat
merasakan kepuasan yang maksimal dari layanan yang diberkan. Total peserta
After Sales Contest 2021 sebanyak 140 dealer (3S Dealer). Target kontes
pertama yaitu ditujukan untuk posisi Junior Technician yang harus memiliki
keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala
untuk kendaraan penumpang . Selain itu, kontes ini juga mencatat kecepatan
kerja serta kualitas yang maksimal sesuai dengan standar dealer resmi
Mitsubishi Motors. Kedua, Senior Technician di mana diposisi ini harus memiliki
keterampilan dan kemampuan dalam menangani servis, mampu menangani
permasalahan dengan cepat dan sesuai prosedur yang ada, serta tentunya
mampu mengoperasikan peralatan di dealer. Terakhir yaitu Service Advisor
yang harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses
penermaan hingga penyerahan kendaraan kepada pelanggan Dengan cara
menerapkan 7 Step Procedure, hospitality, kemampuan penanganan dan
konsultasi keluhan pelanggan serta menawarkan produk perawatan kendaraan.
DAFTAR PEMENANG
- Sales Force
a. Juara 1: ANDREAS RULLY – PT. DWINDO BERLIAN SAMJAYA – BINTARO,
TANGERANG SELATAN
b. Juara 2: DIMAS M. FIRDAUS – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF
– TASIKMALAYA
c. Juara 3: M. MIFTACHUN NIAM – SUN STAR MOTOR – SUKOHARJO - Sales Supervisor
a. Juara 1: CERVIN WIJAYA – PT. SARDANA INDAHBERLIAN MOTOR – MEDAN
b. Juara 2: EKO SUMARSONO – PT. SRIKANDI DIAMOND INDAH MOTORS
WIYUNG, SURABAYA
c. Juara 3: KUANG JHIEN – PT. BUMEN REDJA ABADI LATUMENTEN, JAKARTA
BARAT - Sales Manager
a. Juara 1: FADILA PALLOGE – PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR PETTARANI
(MAKASSAR)
b. Juara 2: WIDYA ADI NUGROHO – PT. SUN STAR MOTOR PURWOKERTO c. Juara 3: SATRIYO DHIGDOYO – PT. DWINDO BERLIAN SAMJAYA – CAKUNG,
JAKARTA TIMUR - BSC LCV
a. Juara Reg. 1: AHMAD YANI – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF
CILEGON
b. Juara Reg. 2: ANDRI CAHYONO – PT. BUMEN REDJA ABADI MAGELANG
c. Juara Reg. 3: HIJRA FEBRIKARDO – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA
OTOMOTIF PADANG
d. Juara Reg. 4: HIRFINA NINGRUM YUNIASARI PT. DIPO INTERNASIONAL
PAHALA OTOMOTIF MADIUN
DAFTAR PEMENANG DEALER PDCA CONTEST 2021 - Juara – Grade A, MARYONO dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS –
SUNTER - Juara – Grade B, TITA HERNITA dari dealer PT SUN STAR PRIMA MOTOR –
FATMAWATI - Juara – Grade C, ADITYA PERMANA PUTRA dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND
MOTORS – POS PENGUMBEN - Juara – Grade D, RUSTIN MEI ARISTA dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND INDAH
MOTORS – TUBAN
DAFTAR PEMENANG DEALER CS PERFORMANCE 2021 - Juara Nasional – VINA FEBRIANA dari dealer PT SUN STAR MOTOR –
PROBOLINGGO - Juara – Grade A, ARI WAHYUNI dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND INDAH
MOTORS – PECINDILAN - Juara – Grade B, HANUM DWI PANGESTI dari dealer PT SUN STAR MOTOR –
BANYUMANIK - Juara – Grade C, VINA FEBRIANA dari dealer PT SUN STAR MOTOR –
PROBOLINGGO - Juara – Grade D, FIRDA FEBRIANTY SAVAROS dari dealer PT BOSOWA BERLIAN
MOTOR – SORONG
DAFTAR PEMENANG AFTER SALES CONTEST 2021 - Juara 1 – PT Dipo Internasional Pahala Otomotif – Jakarta Barat
- Juara 2 – PT Bumen Redja Abadi – Sidoarjo
- Juara 3 – PT Dipo Internasional Pahala Otomotif – Medan